Jumat, 15 Agustus 2008

Ilmu Gerak

Sekilas Tentang Ilmu Gerak

Ilmu gerak adalah Cara memperoleh pengetahuan tentang kesadaran tertinggi (
The highest awareness) yang didapat melalui gerak getar dalam meditasi dan konsentrasi. Penekanan ilmu ini pada dasarnya adalah bentuk penyerahan diri seorang hamba kepada Allah SWT diluar sholat lima waktu dan sholat sunnah. Perbedaan Hubungan penyerahan diri - gerak dengan penyerahan diri - sholat adalah :
  1. Penyerahan diri - gerak lebih berhubungan epistemologi Islam (filsafat pengetahuan Islam) yang membahas tentang hakikat ruh dan hakikat wahyu dan cara memperolehnya. Perlu diingat bahwa hakikat ruh tidak ada satupun manusia yang tahu sebagaimana Allah SWT berfirman : " Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad SAW) tentang ruh, katakanlah ruh itu adalah urusan Tuhanku dan Aku berikan hanya sedikit pengetahuan tentag ruh itu". Pada intinya kita membangkitkan potensi positif dari ruh itu yang akan membawa kita pada tingkat kesadaran yang tertinggi. Sedangkan wahyu adalah khusus bagi para nabi dan rasul Allah SWT dan sudah tertutup sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW. Dalam gerak ini dipelajari bagaimana memperoleh pengetahuan (ilham) langsung dari Allah SWT dan selalu dalam bimbingann-Nya. Dalam tingkat ini dapat dilakukan oleh semua umat manusia siapapun dan dimanapun.
  2. Penyerahan diri - sholat : Makna Sholat secara bahasa adalah "DOA". Dalam pembukaan (iftitah) ada kalimat yang berbunyi ".........Inni Wajjahtu Wajhiya Lilladzi Kholaqos Samaawaati Wal Ardhi......" ("......sesungguhnya aku telah kuhadapkan diriku atau aku serahkan diriku pada Dzat Yang Maha Menciptakan langit dan Bumi......"). Penyerahan diri ini bersifat "kewajiban yang agung" mengapa karena ini undangan yang dalam bahasa Alquran adalah al-amru (perintah). Tahukah anda bahwa sholat adalah berkunjung ke baitullah (rumah Allah) dan dijamu di Singgasana Allah (Arys).

To be continued...............



Tidak ada komentar: